Nufnang Ads

Monday, March 28, 2011

Sakit Cepatlah sihat...

Batuk adalah refleks fisiologis yang biasa terjadi  pada saluran pernapasan  orang sehat maupun sakit. Batuk dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab, misalnya rangsangan selaput lendir  pernapasan yang terletak di tenggorokan dan cabang-cabang tenggorokan. Radang  jalan pernapasan  pada bronchitis dan pharingitis. Penyumbatan jalan pernapasan  oleh lendir biasanya pilek, bronchitis, dan pertusis. Batuk dapat juga disebabkan  oleh bau-bauan, debu, gas, dan perubahan suhu yang mendadak atau juga merupakan gejala dari penyakit TBC, astma, atau kanker paru-paru.
            Karena rangsangan saluran pernapasan, maka terjadilah pengeluaran napas secara tiba-tiba dengan kekuatan besar, otot dalam dinding perut dan sekat rongga badan ditekan dengan tiba-tiba ke atas, sehingga angin yang dikeluarkan menggetarkan selaput  suara, maka terjadilah batuk. Karena kekuatan besar itulah, maka batuk akan berfungsi  untuk membersihkan  saluran pernapasan  dari zat-zat yang merangsang penyakit.
            Namun batuk juga merupakan  suatu penyakit yang dapat menyebabkan gejala yang serius di dalam paru-paru. Apabila peyakit  itu sudah memuncak, si sakit akan mengalami  serangan batuk yang berulang-ulang. Ini sering berakhir dengan tarikan napas panjang dan dalam , dengan  disertai bunyi  yang melengking. Batuk yang  tidak berat biasanya  akan sembuh  tanpa menimbulkan  kerusakan yang permanen, tetapi penyakit tersebut tetap harus dicegah atau diatasi sedini mungkin. Pencegahan dan penyembuhan yang tepat sangat diperlukan, terutama pada anak-anak yang sudah lemah karena adanya komplikasi dengan penyakit lain.
Batuk sangat bermanfaat untuk membersihkan jalan pernapasan atau mengeluarkan benda-benda asing,baik yang berbentuk cairan maupun padat dari saluran napas yang mengganggu proses pernapasan kita. Pada penderita asma,dahak kental dapat menyumbat saluran pernapasan sehingga penderita mengalami kesulitan untuk bernafas. Disini betuk memiliki peran penting karena dahak tersebut dapat di keluarkan sehingga melegakan kembali saluran pernapasan penderita. Demmikian juga dengan penderita bronkitis kronik atau tuberkulosis paru.

No comments: